Pengertian VGA Card dan Fungsinya

kali ini saya akan memposting pengertian VGA Carad dan Fungsi VGA Card.
Pengertian VGA Card:
VGA Card atau juga disebut Video Graphics Accelerator adalah sebuah perangkat keras pada sebuah komputer yang berfungsi sebagai mengelolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju monitor. VGA Card ini memiliki Graphics Processing Unit sinkatnya (GPU) sebagai procesor dan juga membutuhkan memory, pada umumnya kartu grafis atau VGA Card ini bisa dianggap sebagai koponen yang sangat penting pagi kerangka komputer. dan juga bisa dianggap sebagai komponen tidak penting karna hal ini tergantung dari kebutuhan penggunan komputer masing masing.
Video Graphics Accelerator (VGA) ini biasa dinamakan dengan video card, graphics board, dispaly adapter atau graphics adapter. istilah VGA sendiri juga sering  digunakan untuk sebagai mengacau kepada resolusi layar berukuran 640x480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya atau kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, di perlukan kartu grafis atau kartu VGA yang dikenal antara lain ATI dan nVidia.
selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru diganti oleh Super VGA.
Fungsi VGA Card:
Fungsi VGA Card adalah berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sebagai tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. untuk menggambat / desaign graphic atau untuk bermain game. VGA Card sering juga disebut Crad Display, kartuVGA atau kartu grafis. tempat meletakkan disebut slot expansi. chipset atau processor pada kartu VGA, banyak sekali macam macamnya karena tiap pabrik kartu VGA memiliki chipset andalannya masing masing.

Sekian postingan hari ini yasa ucapkan terimakasih.

Comments

Popular Posts