cara merakit pc dan alat-alatnya serta bahan-bahannya



Apakah kalian lagi ingin mencari bagiamana cara merakit PC??, Bagi kalian yang ingin mencari artikel tentang cara merakit PC atau komputer dan laptop silakan disimak artikel mengenai cara merakit PC atau komputer dengan gambar.

 

Sebelum memulai perakitan kmputer, perlengkapan yang perlu di siapkan:

Alat-Alat dan Bahan:

    1. Obeng plus (+)
    2. Obeng min (-)
    3. Tang Lancip
    4. Multi meter / Multi tester
    5. pinset
    6. Gelang anti Static
    7. Motherboard
    8. Processor
    9. Heatsink
    10. Harddisk
    11. Memory (RAM)
    12. Floppy Disk Drive
    13. CD / DVD Drive
    14. VGA card
    15. Sound Card
    16. Poweer Supply
    17. Casing
    18. Keyboard & Mouse
    19. Monitor 

     Berikut ini adalah langkah langkah perakitan PC


1.Letakkan Motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dengan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau patah jalur komponennya




2. pasang processor pada motherboard. pamasangan processor usahakan diluar casing agar memudahkan anda dalam memasang processor tersebut pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan .




 3. Setelah processor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas processor.



 4. Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia pada motherboard. pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbaker 



5. Siapkan casing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan 
6. Setekah menyimpan casing pasnglah power supply seperti gambar dibawa ini



 7. Setelah itu masukan motherboard pada casing secara perlahan lahan agar motherboard tidak rusak pada pemasangan motherboard, perhatikan konektor mouse,keyboard,serial,VGA san sound agar terpasang dangan panel yang terdapat pada casing dangan benar.




8. kemudian buatlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang

 9. Di contoh ini menggunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA,Sound Card, dan Lan Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard . yang disebut dengan komponen ON BOARD.
  
10. Setekah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukannya dari belakang
 
11.Kemudian buatlah CD ROM yang terpasang tadi debgan raknya agar tidak goncang kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard .

12. Pasanglah harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan berlahan lahan agar harddisk tidak terbentur karena komponen ini sangat rawan terhadap goncangan kemudian buat dengan kencang agar tidak goyang.
13. Setelah harddisk terpasang kemudian pangsanglah kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherbaoard dan pada harddisk itu sendiri


14. Pasang konektor power supply pada tempatnya yang terdapat di motherboard jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard.


15. Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan pad konektor lainyan yang terdapat di motherboard seperti gambar berikut.




16. Setelah kita selesai merakt semua komponen kemudian pasang penutup casing dan perakitan tersenut harus kita tes apakh berhasil atau tidak pasang kabel port VGA ke monitor kemudian power monitor dan CPU ke saklar listrik  selanjutnya hidupkan bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil


Comments

mantap dah artikelnya
cordycepsplus.xyz
mantap dah artikelnya
cordycepsplus.xyz

Popular Posts