pengertian Hub dan fungsi Hub pada jaringan PC

Pengertian HUB:
Hub adalah perangkat keras yang digunakan untuk membuat sebuah perankat jaringan yang bekerja pada OSI layer 1 sehingga HUB hanya berfungsi taklebih untuk penyambung, serata membuat sinyal di kabel unshielded twisted-pair (UTP) HUB tak mengenal mac addressing / physical addressing sehinga tidak dapat memilah data yang harus ditransmisikan sehingga collision tak bisa dihindari dari pengguan HUB tersebut.

Pembagian jenis HUB

pada dasarnya HUB terbagi dua Macam yaitu: HUB aktif dan HUB pasif.

  1. pengertian HUB aktif adalah HUB yang memiliki kemampuan untuk memperkuat sinyal atau biasa disebut sebagai repeater. HUB jenis ini mampu untuk meregenerasi sinyal yang masuk dari sebuah komputer yang kemudian ditramisikan kembali ke komputer lainya. HUB aktif akan sangat berguna untuk menghubungkan komputer atau lebih dangan jarak yang cukup jauh.
  2. pengertian HUB pasif adalah HUB yang hanya bertugas untuk membagikan sinyal transmisi yang termasuk ke port port komputer yang terhubung, dengan menggunakan HUB pasif di mungkinkan untuk menambah unit komputer yang terhubung dangan syarat jarak komputer dangan koputer lain tidak terlalu jauh.
Kelebihan HUB:

  • Bekerja sacara half-duplex, mengulang sinyal yang masuk ke seluruh prt yang ada pada HUB tersebut.
  • HUB memiliki banyak port 
  • HUB tergolong dalam layer 1 dalam osi model (physycal layer)
  • Pengguna HUB dapat melakukan shering pada jaringan yang sama.
Kekurangan HUB:

  • HUB tidak mampu membaca paket-paket data 
  • HUB tidak dapat mengetahui sumber dan tuuan data 
  • Kecepatan komunikasi harus di bagi dengan komuter kainnya yang melakukan sharing
Kesimpulan HUB mampu menhubungkan dan berfungsi sebagai penguat sinyal dalam jaringan komputer dan sebagai titik pusat penghububg jaringan komputer.
demikian mengenai HUB.


Comments

Popular Posts