pengertian cms dan jenis jenis cms

Pengertian CMS:
     CMS kepanjangan dari COtent Management Sytem, merupakan sebuah aplikasi web atau software web  yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload, edit.menambahkan,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibeli pengetahuan tentang hal hal yang bersifat teknis, tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.

Berikut adalah beberapa macam CMS yang paling sering digunakan orang lain, dan masih banyak lagi CMS yang berterbangan di internet.
  • CMS Wordpress
CMS Wordpress ini adalah sebuah CMS yang sebenarnya dikatagorikan ke dalam CMS jenis blog, meskipun di khususnya untuk blog, namun kenyataannya banyak sekali developer_developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website atau blog baik itu sebuah company profile, hingga toko online, karena CMS wordpress ini selain user friendly juga memmiliki sebuah firur dan layanan yang banyak selain itu dukungan komunitas juga sudah menyebar luas.
  • CMS Joomla
CMS joomla biasanya digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile,personal,website sekolah, hingga toko online. karena CMS joomla ini merupakan CMS yang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. meskipun cms wordpress juga powerfull, tetapi CMS joomla lebih komlek dari CMS wordpress dan sistem mangementnya yang sedikit rumit dari CMS worpress.
  • CMS Opencart
CMS Opencart adalah sebuah CMS khisus untuk membuat sebuah toko online. CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce. bedan dengan CMS CMS lain.kekurangan CMS opencart adalah dari sisi SEO, tetaoi untuk management kontennya CMS ini bisa dibilang mudah.
  • CMS Prestashop
CMS prestashop ini sama seperti CMS Opencart, keduah CMS ini sama sama dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan mudah.
  • CMS Moodle
CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur fitur E-Learning yang sangat lengkap mulai dari sebuah online test, forum, dll. management CMS ini agak sedikit rumit, dan harus dipelukan pemahaman tentang cara memngunakannya.
  • CMS Drupal
Dengan CMS Drupal ini kita dapat dengan mudah membangun sebuah berbagai jenis halaman website dari membangun blog sedrhana sampai forum online denangan komunitas yang besar. desain CMS Drupal memang tidak sebagus CMS joomla , tapi sangat mudah untuk di-costomize, CMS Drupal memiliki modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search engine friedly URL, dan Agregator berita.
  • CMS Aura
CMS ini salah satu buatan anak bangsa indonesi, namun CMS ini masih banyak mempunyai kekurangan dibandingkan CMS CMS seperti diatas, tapi jika anda mampu mengembangkan CMS ini, alhasil CMS ini akan setara dengan CMS CMS yang sudah populer saat ini

KELEBIHAN CMS:
  • dengan adanya CMS ini, orang awam pun dapat membuat sebuah website yang langsung daji dan pengguna tinggal memngelola isi konten website tersebut tanpa campur tangan dari pihak webmaster.
  • di dalam CMS, management file file juga sangat terukur, setiap element antara isi dan tampilan desain terpish.
  • fleksibilas sebuah CMS membuat CMS ini banyak di kembangkan oleh pihak pihak lain, aplagi jika CMS yang memiliki kemajuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secar berkala. hal inilah yang membuat banyak developer developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini daripad membuat sebuah aplikasi web yang baru.
KELEMAHAN CMS:
  • Bentuk dan fitur website mirip dengan website yang lain yang disebut dangan CMS yang sama.
  • fitur dan fungsi website terbatas , tidak 100% sesuai dengan keinginan pemilik website
  • terbatas editing kode HTML ataupun PHP
  • untuk website kecil pengguna CMS terlalu berlebihan, dan untuk website enterprse,menggunakan CMS fiturnya terlalu terbatas.
sekian artikel kali ini saya ucapkan TERIMAKASI

Comments

Popular Posts