Pengenalan Jaringan

Pengenalan Jaringan. 
  Jaringan komputer menurut bahasa populer dapat diartikan sebagai sekumpulan komputer maupun perangkat lain seperti printer, scenner, hub, dsb yang saling terhubung satu samalain melalui media perantara. Media perantara tersebut bisa berupa kabel maupun nirkabel atau wireless.
Pengertian jaringan  :
   Jaringan sendiri merupakan salah satu bentuk komunikasi antar komputer layaknya yang dilakukan oleh manusia di saat berkomunikasi. Manfaat dari jaringan komputer sangat banyak, beberapa contohnya adalah dapat lebih menghemat biaya, lebih hemat dalam pengguna sumberdaya , seta dapat berbagi pengguna internet.
 Sejarah Jaringan:
    Dahulu komunikasi yang melibatkan komputer masih dilakukan secara manual dengan manusia sebagai media komunikasinya yaitu dengan manusianya sendiri yang membawa instruksi instruksi antar komputer.
    Hingga akhirnya George stibitz pada akhir tahun 1940-an sukses memanfaatkan sebuah mesin teletype untuk mengirim pesan instruksi dari komputernya ke komputer lain.
    maju lagi hingga tahun 1964 dimana metode sistem time sharing system mulai gencar digarap. kemudian di tahun 1969 UCLA (Univrsity of Los Angeles), SRI (Stanford Research Institute), 

University of California at Santa Barbara, dan University of Utah berhasil menerapkan jaringan computer dan mulai berhubungan menggunakan jaringan ARPAnet. jaringan komputer terus berkembang begitu cepat dari masa ke masa. Bahkan ada yang mengatakan bahwa perkembanga dunia jaringan komputer itu sama cepatnya seperti saat kita terjun bebas du udara.


Comments

Arest said…
Lumayan tambah pengetahuan

Popular Posts